FILM THILLER THE WAILING : SIAPAKAH IBLIS SEBENARNYA

 
The Wailing adalah film thriller psikologis Korea yang di kompilasi dengan supranatural. Film ini akan membuat penonton berfikir kritis tentang siapakah iblis asli diantara para tokoh di film.

The Wailing adalah film thriller psikologis Korea Selatan, drama yang disutradarai oleh Na Hong-jin. Ini bukan film horor klasik yang menampilkan momen-momen yang jump scare. Film ini penuh dengan unsur supernatural dan ketegangan hingga akhir. 


Latar Belakang Film 

Bercerita legenda tentang foreigner Jepang yang jahat yang terlihat memakan hewan. Desa tersebut mulai memperhatikan hal-hal aneh sejak Orang Asing itu muncul. Klaim ini dianggap tidak valid oleh kebanyakan orang. Hal ini yang menjadikan konflik utama dalam film the wailing dimana penonton mencurigai setiap tokoh yang ada di film ini.


Rumah terbakar dan muncul tokoh mencurigakan 

Sebuah rumah dibakar oleh seorang wanita yang telah membunuh keluarganya. Jong-goo sang polisi setempat melihat foreigner Jepang di TKP. Seorang wanita berbaju putih yang bernama Moo-myung bertemu Jong-goo dan memperingatkan dia dengan mengatakan bahwa jika dia lebih sering melihat Orang Asing itu daripada sebelumnya, itu berarti dia sedang diburu. Jong-goo berpikir bahwa dia adalah orang gila. 


Munculnya saksi dan polisi melakukan investigasi 

Jong-goo bertemu dengan seseorang yang mengaku sebagai saksi Orang Asing sedang memakan binatang di hutan dengan mengenakan pakaian dalam. Sayangnya saat menunjukkan tempat, saksi tersebut tersambar petir.


Di rumah, putri Jong-goo mulai bertingkah aneh, ia makan banyak ikan. Ibu mertua Jong-goo menyarankan agar mereka mendatangkan dukun untuk melakukan pengusiran setan.



Jong-goo bertemu dengan seorang penerjemah Jepang yang juga seorang pendeta. Mereka pergi ke rumah foreigner Jepang setelah jong goo mulai memperhatikan kesaksian seorang yang sebelumnya dia sebut gila. 


Di kediaman foreigner jepang tersebut, mereka menemukan foto orang yang ada di desa tersebut meninggal karena penyakit aneh. Mereka tidak tahu apa yang harus mereka lakukan, tetapi mereka memahami bahwa ada sesuatu yang salah dengan foreigner jepang itu, dan dia entah bagaimana terhubung dengan semua kematian tersebut. Sepatu putri Jong-goo juga ditemukan di antara barang-barang lainnya.


Ritual pengusiran roh jahat

Il-gwang sang paranormal melakukan ritual tersebut. Sementara penonton dibuat percaya bahwa Il-gwang mengincar foreigner jepang tersebut. 

Disamping itu, foreigner Jepang juga sedang melakukan ritualnya sendiri. Hal ini meyakinkan bahwa foreigner jepang inilah yang sesungguhnya sang iblis. 


Jong-goo menyela ritual Il-gwang karena semakin lama ritual yang dilakukan malah menyakiti putrinya, setelah itu Jong-goo membawanya ke rumah sakit. Gangguan tersebut membuat putrinya aman untuk sementara waktu.


Keesokan paginya, dia membentuk geng dan pergi berburu Orang Asing. Saat itu mereka melihat foreigner Jepang itu dan mengejarnya. Mereka kehilangan dia di atas tebing. Saat mereka berkendara kembali, Jong-goo kehilangan kendali atas truknya dan berbelok. Saat dia melakukannya, seseorang mendarat di kaca depan mobilnya. Ternyata yang mendarat di mobilnya adalah foreigner Jepang yang menjadi buruan mereka.  


Dia dan anak buahnya melemparkan tubuh foreigner Jepang itu ke atas tebing dan membunuhnya. Dia melakukan dosa dan Moo-myung kehilangan kemampuan untuk melindungi putrinya. Putrinya membaik, tapi itu hanya sementara. Mereka membawanya kembali ke rumah.


Kecurigaan belum berakhir

Seorang rekan polisi dan teman Jong-goo terinfeksi dan membunuh keluarganya. Il-gwang mencoba menghubungi Jong-goo tetapi tidak mampu. Dia dicegat oleh Moo-myung (wanita yang dianggap gila) yang membuatnya berdarah dan muntah berlebihan dan memintanya meninggalkan kota. Karena ketakutan, dia masuk ke mobilnya dan pergi. Dari sini penonton mulai mencurigai Iblis yang sebenarnya Moo-myung atau foreigner Jepang yang sudah mereka gulingkan ke jurang.


Film ini mempermainkan imajinasi kita, begitu banyak tokoh yang patut dicurigai dan sangat menguras emosi serta banyak sekali pertanyaan setelah menonton film the wailing ini. Memiliki durasi yang cukup panjang selama 2 jam 36 menit, film ini memiliki alur yang cukup lambat tapi terdapat detail yang kita butuhkan untuk mengetahui siapa iblis sebenarnya di awal film. 

Jika kamu suka dengan film thiller, pshychology, maupun horor, film ini sangat cocok buat kamu. Maka silahkan nonton film ini



Comments